Jumat, 26 Juli 2019


Sesuai jadwal yang telah disepakati bahwa MMD (Musyawarah Masyarakat Desa) yang dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2019 di Puskesmas Air Putih.  Kegiatan ini juga terintegrasi dengan Sosialisasi STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) serta pertemuan bulanan kader.


Sebelum dilakukan MMD telah dilakukan advokasi kepada dua kelurahan wilayah kerja Puskesmas yaitu Kelurahan Air Putih dan Bukit Pinang. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama dengan lintas sektor.



(Advokasi di Kelurahan Air Putih)



(Advokasi di Kelurahan Bukit Pinang)


Musyawarah Masyarakat Desa dilakukan untuk mendapatkan penyelesaian masalah yang ditemukan  dari Survei Mawas Diri (SMD) yang telah dilakukan pada bulan Mei sebelumnya. Seperti halnya SMD, penyampaian hasil ini juga dilakukan oleh kader wilayah kerja Puskesmas Air Putih. Untuk itu sebelum MMD, Petugas Puskesmas melaksanakan bimbingan kepada para kader dalam penyampaian hasil SMD.



(Persiapan MMD dengan para Kader)


Pada acara Musyawarah Masyarakat Desa yang dihadiri oleh Kelurahan Air Putih, Kelurahan Bukit Pinang, PKK Kelurahan Air Putih, PKK Kelurahan Bukit Pinang, Ketua RT dan Kader Kesehatan wilayah Kerja Puskesmas Air Putih.



(Sambutan Pimpinan Puskesmas Air Putih dr. Daud Pongtuluran)





(Pemegang Program Kecacingan menjelaskan bulan kecacingan pada bulan agustus mendatang)



(Penyampaian hasil SMD Kelurahan Air Putih oleh Ibu Dewi Anisa)



(Penyampaian hasil SMD Kelurahan Bukit Pinang oleh Ibu Dominika)


Dari presentasi yang disampaikan didapatkan bahwa masalah utama yang ada di kelurahan Air Putih dan Bukit Pinang adalah capaian ASI Eksklusif rendah, Kunjungan Posyandu yang juga masih rendah, masih ada warga yang menggunakan miras/napza.


Materi selanjutnya diisi oleh Ketua Tim PIS-PK Air Putih yang menyampaikan hasil Indeks Keluarga Sehat (IKS) beberapa RT yang telah didata dan meminta dukungan untuk sisa RT yang belum di data.


Setelah presentasi yang ada dilanjutkan dengan diskusi dalam penyelesaian masalah yang ada.



(Sosialisasi STBM oleh Ibu Maryam dari Dinas Kesehatan Kota)



Ibu Maryam menjelaskan bahwa STBM yang terdiri dari 5 pilar yaitu :


1. Tidak buang air besar disembarang tempat;


2. Mencuci tangan dengan sabun dan dengan air yang mengalir;


3. Mengelola air minum rumah tangga;


4. Mengola sampah rumah tangga;


5. Mengolah limbah cair rumah tangga.


Terimakasih atas semua yang terlibat dalam Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) wilayah kerja Puskesmas Air Putih. Semoga dengan kegiatan ini membuat kerjasama kita semakin terjalin dan masyarakat Kelurahan Air Putih dan Bukit Pinang. Semoga  kita semakin JAYA.























Selamat datang di Website Resmi Upt Puskesmas Air Putih
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UPT PUSKESMAS AIR PUTIH JAM PELAYANAN PENDAFTARAN: 07.30-11.00 WITA