ANALISIS HASIL SKM

 

1.1    Analisis Permasalahan/Kelemahan dan Kelebihan Unsur Layanan

Berdasarkan hasil pengolahan data, dapat diketahui bahwa :

  1. Waktu Pelayanan mendapatkan nilai terendah yaitu 346. Selanjutnya Produk Spesifikasi layanan yang mendapatkan nilai 0,355 adalah nilai terendah kedua. Begitu juga sarana dan prasarana termasuk tiga unsur terendah dengan nilai 0.357.
  2. Sedangkan tiga unsur layanan dengan nilai tertinggi yaitu Biaya/Tarif Layanan mendapatkan nilai tertinggi 405, Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan dengan nilai 0.394, disusul oleh  Sistem, Mekanisme dan Prosedur mendapatkan nilai tertinggi berikutnya yaitu 0.369.

Berdasarkan hasil rekapitulasi saran/kritik serta pengaduan yang masuk melalui berbagai kanal aduan yang telah disediakan, diperoleh beberapa aduan yang menjadi perhatian dan dapat digunakan dalam pembahasan rencana tindak lanjut yaitu sebagai berikut :

  • “Waktu tunggu lama”.
  • “WC kotor, sarana prasarana lebih dipelihara lagi”.

 

Adapun kondisi permasalahan/kekurangan dari unsur pelayanan dapat digambarkan sebagai berikut :

  • Waktu pelayanan masih dirasakan lambat karena layanan dilakukan dengan online dan website sering terjadi gangguan sehingga layanan sedikit terhambat.

 

1.2    Rencana Tindak Lanjut

Hasil analisa tersebut dalam rangka untuk perbaikan kualitas pelayan publik maupun pengambilan kebijakan dalam rangka pelayanan publik. Oleh karena itu, hasil analisa ini  dibuatkan dan direncanakan tindak lanjut perbaikan. Rencana tindak lanjut perbaikan dilakukan dengan prioritas dimulai dari unsur yang paling rendah hasilnya.

Penentuan perbaikan direncanakan tindak lanjut dengan prioritas perbaikan jangka pendek (kurang dari 12 bulan), jangka menengah (lebih dari 12 bulan, kurang dari 24 bulan), atau jangka panjang (lebih dari 24 bulan). Rencana tindak lanjut perbaikan hasil SKM  dituangkan dalam tabel berikut:

No.

Prioritas  Unsur

Program / Kegiatan

Waktu

Penanggung  Jawab

TW I

TW II

TW III

TW IV

1

U3 (Waktu Pelayanan)

Publikasi SOP waktu layanan masing-masing ruang pelayanan

Pengelola Pengaduan

2

U5 (Produk Spesifikasi Layanan)

Pemberian informasi lengkap mengenai produk serta  jenis layanan yang diberikan melalui media cetak maupun elektronik (sosial media)

 

 

 

Pengelola Pengaduan

3

U9 (Sarana dan prasarana)

Memonitoring kembali jadwal CS yang membersihkan Toilet pada jam kerja agar toilet tidak kotor.

 

 

Sanitarian

 

 

 

 

 

 

BAB V

KESIMPULAN

Dalam melaksanakan tugas Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) selama satu periode mulai Januari hingga Juni 2024, dapat disimpulkan sebagai berikut:

  • Pelaksanaan pelayanan publik di UPTD Puskesmas Air Putih, secara umum mencerminkan tingkat kualitas yang Baik dengan nilai 82.95.
  • Unsur pelayanan yang termasuk tiga unsur terendah dan menjadi prioritas perbaikan yaitu waktu penyelesaian pelayanan, produk spesifikasi layanan dan sarana dan prasarana.
  • Sedangkan tiga unsur layanan dengan nilai tertinggi biaya/tariff layanan, penanganan pengaduan, saran dan masukan serta mekanisme dan prosedur.
Selamat datang di Website Resmi Uptd Puskesmas Air Putih
WHATSAPP : 0895-4090-89060 || INSTAGRAM : @puskesmasairputih || FACEBOOK : Puskesmas AirPutih || FANPAGE FB : Puskesmas Air Putih
JADWAL IMUNISASI BALITA : SELASA, KAMIS DAN SABTU || JADWAL IMUNISASI BUMIL/CATIN : SENIN-SABTU || JAM PELAYANAN IMUNISASI 08.00-11.00 WITA
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI UPTD PUSKESMAS AIR PUTIH JAM PELAYANAN PENDAFTARAN: 08.00-11.00 WITA